Minggu, 15 Mei 2016

Pengalaman Pertama Check In Bandara

Sebenernya sih bukan pertama, tapi kedua. Karena udah lupa, jadi anggap aja ini penerbangan pertama. Rasanya? Dag duag dur, nervous! Norak de es be de es be. Biar gak kikuk lagi, maka harus aku posting terutama buat temen-temen yang baru naik pesawat. Kali ini aku ngeshare penerbangan Indonesia menuju Kuala Lumpur dengan jam keberangkatan 08.25, ya.

Perjalanan dari Bekasi menuju Bandara kurang lebih 2 jam. Check in Bandara 3 sd 1 jam sebelumnya.

Aku berangkat dari rumah jam 04.30 menuju Damri. Dari Damri ke Bandara Soeta Cengkareng Jakarta jam 06.30 an karena nggak macet.

Dari bus Damri turun di terminal tempat maskapai penerbangan kita. Misal, maskapai Air Asia di terminal 3. Maskapai Garuda di terminal 2, dll. Nanti kenek Damri akan ngasih tau di mana bus akan berhenti. Atau langsung aja bilang ke supirnya, tujuan kita Air Asia penerbangan domestic / internasional.

Masuk pintu bandara akan ada 2 jalur. 1 pintu domestic, 1 pintu international. Pilih jalur international. Siapkan tiket yang sudah dipesan. Untuk yang booking online, tunjukan print out bukti pemesanan tiket dari email, atau tunjukan handphone ke petugas penjaga pintu.

Periksa barang. Taro tas di kabin pemeriksaan. Jaket (kalau pakai lengan panjang), tas jinjing, jam tangan, hp, taro di box khusus yang disediakan. Setelah selesai lanjut check in di counter.

Kalau pakai bagasi, maka kita ke counter bagasi dulu. Tapi berhubung aku gak pakai bagasi, langsung check in sendiri di mesin. Caranya?

Tekan tombol check in > tekan kode booking > konfirmasi nama pemesan > scan paspor (perhatikan betul-betul di layar bagaimana cara meletakkan paspor di mesin yang benar > hasil print out tiket keluar.

Baca baik-baik tiketnya. Check jadwal keberangkatan, tanggal, jam terbang, tempat duduk, pintu ruang tunggu, jam boarding/ masuk ke pesawat. Dll. Kalau ada yg nggak ngerti atau ada masalah, tanya aja ke petugas.

Lanjut ke check in penerbangan. Akan ada 2 jalur domestic atau internasional. Pilih internasional (karena aku ke KL) Siapkan tiket dan paspor. Petugas akan memeriksa paspor dan tiket kita.

Setelah selesai, menuju ke counter imigrasi. Ada bacaannya, kok. Imigration. Siapkan paspor dan tiket. Pak petugas akan mengecap paspor dan tiket kita tanda sudah diperiksa untuk melakukan perjalanan.

Pemeriksaan barang lagi. Prosesnya sama kayak yang tadi. Semua barang harus melewati tempat pengecekan barang. Kita masuk bawa diri aja. Jangan lupa, diambil lagi barangnya jangan ketinggalan. Oya, minuman gak boleh dibawa. Rrrrr, disuruh diabisin atau dibuang. Jadi, pastikan botol minumnya kosong.

Menuju ruang tunggu/gate. Perhatikan baik-baik setiap plang yang ada. Cari gate penerbangan kita. Kalau aku di Air Asia tujuan KL pada jam 08.25 ada di pintu 6. Jadi aku nunggu di ruang tunggu dengan angka 6. Boarding gate ditutup 20 menit sebelum terbang.

Boarding gate jam 7.55. Setelah ada pengumuman, masuk ke kabin pesawat. Kalau bingung ikutin orang-orang atau tanya petugas aja di counter gate 6. Sampai di situ dulu ya. Soalnya aku juga baru nunggu di ruang tunggu, nih.

Saranku, pelajari dulu istilah-istilah penerbangan. Jadi nggak kikuk banget pas baca plang dan info di bandara. Berikut jepretan yang berhasil aku jepret di tengah ke-norak-an. Ya, biarinin aja :p

Btw, makasih ya mbak Vira udah ditemenin check in. Doaku padamu :*

Siap-siap masuk kabin sendirian. And sampai di negeri orang sendirian sebelum ketemu temen-temen jam 3 nanti. Semoga nggak bingung. See you :*

Kalo hapeku drop, ketemu di Texas Chicken deket Pasar Seni aja, ya temen-temen. Jangan tinggalin aku ^^

NB: fasilitas bandara ada wifi amd stop kontaknya juga ada buat nge-charge

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^