Minggu, 22 Mei 2016

Batu Caves KL

Kata orang2, kalo pergi ke Malaysia nyesel kalo nggak ke Batu Caves. Makanya aku dan temen-temen bela-belain ke Batu Caves.

Panas-panas kami menuju Stesien KL Sentral. Dari KL Sentral langsung naik kereta menuju Batu Caves.

Nah, pas turun kereta masuk Kawasan Batu Caves, banyak banget orang India. Banyak patung-patung, kuil, dan pernak-pernik ala India. Di pintu gerbang disambut dengan patung Hanoman yang gedeee banget. Hmm, sebenernya Batu Caves itu apa, sih?


Gua. Yup, Batu Caves itu adalah gua yang isinya terdapat kuil di mana orang Hindu melakukan pemujaan. Di dinding gua terdapat pahatan-pahatan patung. Ada patung dewa Krisna, dan entah dewa apa lagi. Ada satu patung besaaaaaar dan tinggiiii berwarna keemasan. Siapa ya namanya? Dewi Kwan In? Yang jelas, bukan Dewi Mafita.

Untuk memasuki gua itu, kita harus melewati ratusan anak tangga. Jadi, siap-siap bawa air kalau mau mendaki tangga ini, ya. Di sekitar anak tangga juga banyak monyet berkeliaran. Hati-hati sama plastik bawaan, ya. Soalnya si Mangkiki tertarik sama kresek yang kita bawa. Nih, kantong kresekku ditarik-tarik T.T

Memasuki area gua, bau dupa menyengat banget. Ditambah lagi banyak kotoran burung dara dan Mangkiki yang berkeliaran. Pemandangan arena gua yang membuat aku takjub adalah bentuk guanya yang menurutku oke banget. Gua ukuran besaaar dengan ruangan yang legaaa layaknya rumah. Di dinding gua banyak patung. Ada satu kuil tempat pemujaan. Pas aku perhatiin, aktifitas ibadah mereka seperti di film India yang pernah aku lihat di tv. Tabur-tabur bunga. Baca-baca mantra. Trus pakai merah-merah di rambut. Ada juga yang nabuh gendang. Entah, aku nggak ngerti. Tapi asik juga sih merhatiin ritual mereka.

Jadi, kalo mau disimpulin, Batu Caves itu kampung India. Orang India yang beragama Hindu berbondong-bondong buat melakukan pemujaan di gua ini. Konon, patung besar emas yang berdiri kokoh itu adalah patung dewa terbesar.

Untuk memasuki area gua, nggak bayar alias gratis. Ada Dark Caves yang bayar 5 RM. Entah ada apanya. Aku cuma masuk ke gua yang besar ini. Backpacker cari yang gratisan aja, lah. Hehe
Second day @KL
Senin, 16 Mei 2016

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^