Minggu, 28 Agustus 2016

Naik Kereta ke Bogor dari Bekasi

Hai, ketemu lagi sama transportasi yang satu ini. Kereta Commuterline. Kereta antar kota Jabodetabek. Kali ini, aku akan share pengalamanku naik kereta dari Bekasi ke Bogor.

1. Datanglah ke Stasiun Bekasi. Letaknya dekat dengan Alun-Alun Bekasi. Antri lah untuk membeli tiket THB, Tiket Harian Berjaminan. Harga tiketnya Rp.6000. Uang jaminan kartu Rp.10.000. Nanti uang jaminannya dikembalikan kalau kita mengembalikan kartunya. Kalo nggak dibalikin, uang jaminannya hilang.

Atau kalau nggak mau ngantri di antrian yang mengular, mending beli kartu di Indomart. Kartunya kalo nggak salah namanya E Money. Bisa untuk naik kereta, naik bus, dan belanja. Tinggal diisi saldo di Indomart, langsung bisa dipakai untuk apa aja dan kapan aja. Nggak ada waktu expired-nya. Kalo udah punya kartu ini, tinggal scan kartu di pintu masuk. Nggak perlu ngantri lagi. Soalny lumayan, antriannya panjaaang.

2. Kereta yang ditumpangi adalah kereta Commuter jurusan Kota atau jurusan Manggarai. Tunggu di jalur yang tepat. Tanyalah petugas kalo nggak tau di jalur berapa kereta berhenti.

Tunggu kereta di gerbong yang benar. Untuk wanita, tersedia khusus di gerbong 1 dan 2. Kalau nggak muat, ya terpaksa berbaur di gerbong lain. Fasilitas kereta sudah oke punya, seperti yang aku ceritain di postinganku sebelumnya. Utamakan kursi untuk yang berhak, ibu hamil, wanita menyusui, lansia, dan penyandang difabelitas. Jangan pura-pura oon, dengan tetap tidur tenang bin mendengkur sementara ada yang lebih berhak.

3. Turunlah di Stasiun Manggarai. Dari Stasiun Manggarai transit lagi menuju Stasiun Bogor. Dengarkan baik-baik di mana kereta akan berhenti dari speaker.

4. Dari Stasiun Manggarai langsung menuju Stasiun Bogor. Jurusan Bogor melalui jalir Cikini Depok. Jadi, cari jalurnya yang benar.

Gimana? Gampang, kan? Transit cuma sekali langsung tiba di stasiun tujuan.

Siapkan kartu THB untuk masuk dan keluar stasiun. Karena kalo nggak pakai kartu, ya nggak bisa masuk atau keluar. Nanti kartu THB-nya di-scan di pintu, baru bisa lolos dari area stasiun.

Welcome to Bogor. Selamat ngetrip and aktifitas. Wisata and kuliner Bogor juga banyak. InsyaAllah next post, ya.

Informasi tambahan, kalau naik dari Bogor ke Bekasi tiketnya Rp.16.000. Caranya sama seperti berangkat, transit di Stasiun Manggarai.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^