Sabtu, 27 Agustus 2016

Cara Mengurus ATM Muamalat yang Hilang

Siapa yang nggak panik liat kartu ATM nggak ada di dompet? Perasaan baru dipindah ke kantong tapi udah raib. Nyari di semua penjuru tetep nggak ketemu. Trus aku kudu piye, jal?

Kartu ATM emang kartu ajaib yang simple and praktis banget. Mau ngambil uang, nggak perlu repot-repot ngantri di bank. Mau ambil uang lima puluh ribu pun oke-oke aja. Kalau di bank, kan, ngantri panjang-panjang cuma ngambil lima puluh ribu nggak sebanding sama usahanya -_-

Bentuknya juga minimalis banget. Nggak berat dan gampang dikantongin. Meski tipis gitu, isinya bisa bergepok-gepok. Butuh uang di jalan tinggal gesek. Tapi, justru karena bentuknya yang remeh temeh itu kadang suka gampang ilang. Suka diacuhkan padahal butuh. Giliran ilang baru kelimpungan.

Nah, ini dia caranya ngurus kartu ATM yang ilang. Berhubung aku pakai Muamalat, jadi ku-share cara ngurus ATM Muamalat. Tapi, secara umum teknis semua bank sama, kok.

1. Langkah pertama

Cari sampai ketemu ke segala penjuru. Tanya kanan kiri atas bawah. Umumin di sosial media. Ya kali aja ada yang nemu. Kalo nggak ketemu juga, langsung menuju langkah ke dua.

2. Hubungi Customer Service

Kalau Muamalat nomor CS nya 1500016. Layanan 24 jam. Menu blokir ATM tersedia. Nanti CS nya akan nanya detail identitas kita sesuai KTP dan nomor rekening. Jadi, data harus valid si pemilik ATM. Nggak bisa sembarangan. Prosesnya cepet, kok. Setelah ditanya data, kartu ATM langsung diblokir dengan keterangan hilang. CS nya juga ngasih info langkah selanjutnya.

3. Buat surat keterangan kehilangan di Polsek terdekat.

Kalau di Bekasi, Polsek ada di deket Alun-Alun Bekasi. Kantor buka 24 jam setiap hari. Jadi, full day. Kita bisa laporan kapan aja. Biayanya, gratis. Siapkan KTP dan buku tabungan. Karena identitas pribadi dan nomor rekening dibutuhkan untuk membuat surat kehilangan ATM.

4. Temui Customer Service di Bank Muamalat.

Bank Muamalat Bekasi ada di Ruko Kalimas dan ada di Juanda deket Stasiun Bekasi. Jam kerja Senin sampai Jumat pukul 08.00-15.00. Langsung aja ke CS nya dengan membawa KTP dan surat kehilangan. Nanti kita akan dibuatkan kartu ATM baru saat itu juga. Biaya administrasinya sebesar Rp.20.000

Nggak ribet, kan? Selanjutnya, simpan kartu ATM dengan baik. Jangan sampai hilang lagi, ya. ^_^

1 komentar :

  1. Terimakasih ya tipsnya. ATM memang penting agar tidak membawa uang cash jutaan kemana-mana.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^