Selasa, 23 Agustus 2016

Makan di Angkringan Solo

Semalem, sepulang ngetrip bareng temen seperjuangan, Arina Izzataka, tiba-tiba aja tuh anak berhenti di depan warung makan Angkringan Solo Mbah Nyono CS. Warung makan nasi kucing yang berada di pinggir Jalan Nusantara Raya Perumnas 3 Bekasi Timur.

Warungnya sederhana, cuma 1 gerobak dengan beberapa bangku susun di depannya. Meski kecil begitu, warungnya cukup ramai.


Dulu, kalau bapak ke angkringan, aku selalu nitip susu jahe. Minuman kesehatan kesukaanku. Rasa susu dengan tambahan aroma wangi jahe yang anget banget di perut dan tenggorokan. Pas banget buat obat flu and masuk angin.

MENU ANGKRINGAN

Biasanya, angkringan yang pernah kutemui menunya sedikit, tapi beda sama Angkringan Solo Mbak Nyono Cs ini, lengkap kap kap.

Nasi

Ciri khas dari angkringan ya nasi kucingnya. Bukan nasi sama lauk kucing, ya. Nasi kucing adalah nasi yang dibungkus dengan porsi mini. Porsinya si meong. Dibungkus pakai daun pisang dengan campuran serpihan lauk yang aneka ragam. Ada nasi teri, nasi ayam, nasi bandeng, nasi tempe orek, nasi bebek. Nasi tongkol, dll. Campuran lauknya nggak banyak, sebagai syarat aja.

Gorengan

Nah, ini menu pelengkap. Gorengan yang hangat yang pas banget dimakan bareng nasi mini [aduh, maaf ya nggak tega kalo nyebut makan nasi kucing. Kebayang-bayang kucingnya] Biasanya gorengannya berupa tempe goreng, tahu goreng. Tempe bacem dan tahu bacem.

Te Sate

Selain gorengan, menu pelengkap yang lezat itu adalah aneka sate. Ada sate telur puyuh, sate kikil, sate ceker, sate ati ampela, sate ikan salmon, dll. Aduuuh, ngiler nulisnya, nih.
Minuman tradisionalnya bisa ditemani dengan teh manis pakai es, susu jahe, jahe hangat, atau air putih.

Harga

Ini yang bikin Angkringan digemari banyak kalangan. Harganya bombastis.
Aneka nasi kucing dihargai Rp.2500 per bungkusnya. Aneka gorengan Rp. 1000. Dan aneka sate mulai Rp.2000 sampai Rp.3000 per tusuk. Minuman sekitar Rp.3000 an.


Jadi, 1 orang untuk sekali duduk sampai kenyang Rp.10.000 lebih dari cukup.

Gimana? Mau nyoba? Harus, dong. Makanan tradisional gini yang perlu dilestarikan dan didukung. Tempatnya santai, rasanya enyak, harganya merakyat. Sehat pulak.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^