Senin, 27 Juni 2016

Akbar Henna: Henna Artist Goes to Dubai Gratis




Akbar Henna Goes to Dubai
Akhir-akhir ini, fenomena henna artist kian menjamur. Tiap daerah bisa kita temui seorang henna artist yang piawai melukis batik-batik cantik di tangan para pengantin. Tapi, siapa sangka? ternyata karena melukis henna, bisa membawa seseorang terbang ke Dubai dengan gratis tis tis. Berikut V tuliskan kembali kisah inspiratif dari seorang henna artist profesional, Akbar Henna.


Nama lengkapnya Muhammad Ariefa Akbar. Sudah terjun di dunia henna sejak 2009. Kalau dilihat dari wajahnya mirip orang Arab, ternyata kakek Kak Akbar ini berasal dari Yaman, lho. Kak Akbar diundang mengisi acara Arabian Travel Market 2016 di Dubai sebagai perwakilan Henna Artist dari Indonesia.

Untuk menginspirasi, maka V kutip kembali sharing pengalaman Kak Akbar kepada kami, para henna Artist di Henna Club Indonesia. Langsung aja,

Begini ceritanya...

"Awal bulan Maret tahun 2016 ini, ada seseorang yang inbox aku melalui facebook. Nanya-nanya design henna for men dan seputar body painting. Awalnya aku kurang respect, karena dia minta foto foto dokumentasi dan bilangnya mau ajak pameran di Dubai. Ah pasti ini bohong dan modus aja mau minta designku. Tapi, aku tetep tanggapi dengan bijak, bener bener nggak percaya awalnya. 

Sampe awal memasuki bulan April, dia chat aku by whatsApp namanya Lutfi.
Pak Lutfi ini meminta aku untuk upload beberapa dokumen pendukung untuk visa. kebetulan aku sudah punyaa pasport, jadi tinggal beberapa dokumen lainnya. Aku juga masih nggak percaya. Aku konsultasi ke beberapa temen, keluarga tentang ajakan ini, sampe akhirnya pak Luthfi ngirimin semacam susunan acaranya. Dan di situ aku lihat event tersebut diselenggarakan oleh Kementrian Pariwista Republik Indonesia. Ada kerjasama dengan media Tv, Metro Tv (karena ada sodara yg kerja di Metro, aku langsung cek tentang kegiatan ini)

Setelah cek sana-sini, akhirnya fix, ini bukan hoax! Kemudian baru berani ngirimin dokumen yang diminta.
Deg-degan, sih, karena masalahnya jauh banget dari rumah, kan. Masih parno sama yang namanya kasus-kasus recruitment teroris, ISIS, atau TKI Ilegal. Hahaha... Intinya aku coba make sure dulu tentang kebenaran acara ini."

Goes to Dubai

"Hari H tiba. Aku ketmuan sama seluruh peserta pengisi acara; ada team musik, barista (untuk stand kopi khas Indonesia) dan team panitianya. Aku belum kenal sama semuanya hingga di Bandara Soekarno Hatta itu barulah berinteraksi.

Dan Alhamdulillah Safty landed to DUBAI."

Jadi, sebenernya ini acara apa sih?

Arabian Travel Market

Seperti yang sudah V singgung di awal, acara ini judulnya adalah ARABIAN TRAVEL MARKET. Pameran travel terbesar di dunia, yang diikuti dari seluruh Benua. Dengan stand-stand unik khas negara masing masing.
Diseleggarakan di DUBAI WORLD TRADE CENTER. Yaitu, World Trade Center terbesar dan terluas di dunia.

"Jadi, kalo kalian dateng ke pameran ini, sama aja kaya keliling dunia. Karena dibagi menjadi beberapa wilayah seperti ASIA ZONE, USA ZONE, EUROP ZONE, AUSTRALIA ZONE, AFRICA ZONE dan MIDDLE EAST ZONE.

Setiap negara menampilkan dan mempromosikan negaranya masing masing,
Indonesia sendiri diisi oleh beberapa rekan dari travel agent dan hotel-hotel berkelas dunia, seperti Kempinski, Ayana Resort, dan masih banyak lagi.

Di depan stand, ada namanya panggung entertaint. Yaitu, berupa stand kopi gratis, hiburan musik daerah dan international, Carnaval costume, dan pastinya HENNA BODYPAINTING by AKBAR HENNA.
Tugasku di sini adalah ngehenain smua visitor, graaaaatisss... Tapi design henna yang di-request oleh team kementrian adalah corak dan motif ukiran khas Indonesia dipadu padankan dengan alat make up warna warni seperti glitterdan henna warna-warni (alhamdulillah di endorse sama Alfiy HennaMehandi JtHarts) Aku juga memperkenalkan henna natural yang pastinya warnanya luar biasa dan aku di-suppport oleh Bu'e kesayanganku Nana Henna Ungaran-Semarang, dan pastinya yang lagi hits, nih, aku bawa white henna untuk melengkapi pilihan para visitor."

Kak Akbar Cerita Pengalaman dan Perjuangan

"Standku berhadapan dengan stand India yang juga menawarkan Free Mehndy. Tapi, justru lebih banyak yang antri di depan stand Henna Bodypainting-ku, karena mereka merasa ada sesuatu yang beda. 
Kalo henna-henna biasa, sih, udah banyak di Dubai. Di dubai sendiri design-nya identik dengan Gulf Design dan henna natural yg dipakai warnanya sangat amat gelap pekat.
Henna salah satu visitor
Nah ini nih, dalam 5 hari berturut-turut, aku ngehennain orang dari berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya adalah: Turki, Spanyol, Belanda, Canada, Khazakstan, Taiwan, Malaysia, Scotlandia, Inggris, Yaman, Saudi, Egypt ,Jepang, Korea, Bulgaria, Scandinavia, Milan, Africa, Maroko, Sudan, Brazil, dan masih banyak lagi. Sampe ada nama negara yang baru aku dengar, karena setiap visitor yang datang selalu aku tanya 'Where Are you come from?"
Dalam hal itu, kemampuan Bahasa Inggrisku dipakai, dan WAJIB ngomong pakai bahasa inggris dengan logat yang aneh-aneh para visitor dari berbagai negara. Paling susah ngobrol sama orang Rusia dan Mesir huhu... Bahasa Inggrisku nggak jago-jago banget. Aku belajar otodidak karena tuntutan pekerjaan di kantor dan selebihnya sering dengerin lagu-lagu barat. Tapi Alhamdlillahnya adalah, dalam 5 hari berturut-turut itu jadi lancar jaya.  Dan mampu menjadi salah satu Entertain Stand terunik di Dubai yang diliput oleh salah satu media cetak Dubai. Mereka rela antri dari sebelum stand Indonesia buka. Berbagai gender juga yang bikin, nggak cuman para wanita aja. Bahkan banyak juga insiden unik dan menegangkan. Ada yang berantem lah karena nggak mau antri, ada pula aku sempat ditegur oleh seorang Syeikh karena ngehennain wanita bercadar, dan si wanita itu marah-marah balik ke syeikh itu. Pas akutanya, artinya adalah, 'Bapak-bapak itu rempong... Hak gue kali. Mau pakai henna ama siapa pun, lagi juga Masnya gambarnya, kan, nggak megang-megang tangan gue. Dan ini digambar di tempat umum yang ramai, lagian kapan lagi bisa pake henna warna putih begini' 

Alhamdulillah rezeki untuk peluang karirku ngehenna sampe ke Dubai bisa terlaksana, padahal dulu cuman upload status aja bisa ngehenna kesana... Dan diakuin sama negara serta diapresiasikan.
Ini menjadi pengalamanku ngehenna terjauh dan termahal seumur hidup. 
Hingga tak terasa seminggu aku di Dubai. Bolak-balik hotel - DWTC dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore untuk ngisi stand. Selebiihnya di jam-jam bebas aku dapet kesempatan jalan-jalan gratis menjelajahi negara yang keren dan penuuh dengan kemewahan ini."

Pesan Kak Akbar

"Pelajaran penting, nih, buat teman teman semuanya. Belajar Bahasa Inggris itu penting. kalian nggak akan tau kalo akan bertemu client dari suku atau negara tertentu. Apalagi syukur-syukur kalo ada kesempatan ngehenna ke luar negri (AMINKAN RAMAI RAMAI). Amiiin...
Dan juga punya passport, karena ada beberapa kasus temen-temen henna art yg sempet diajak ngehenna ke luar negri tapi terkendala karena passport.
Semoga bisa memotivasi temen temen disini untuk terus berkarya!"


Begitulah cerita Kak Akbar yang V kutip ulang dengan sedikit gubahan dan editan.Terima kasih sharingnya, Kak Akbar. Semoga para henna artist lebih semangat lagi untuk go international. Btw, V udah punya passport, K. Boleh nanti ajak-ajak V Wedding Art ngehenna ke luar lagi kalo butuh bala bantuan :D

8 komentar :

  1. Wah seruuu. Smg Mbak Fita bisa keliling dunia juga...

    BalasHapus
  2. Di awal, aku pikir yg ke Dubai itu Mba Vita. Hehe..
    Oper ol, kisahnya inspiratif :)

    BalasHapus
  3. Kisah yang menarik dan inspiratif ya

    BalasHapus
  4. Kisah yang inspiratif. Semua berawal dari mimpi.

    BalasHapus
  5. Semoga Kak V juga bisa jelong2 gratis untuk ngehena yaa..tp jangan lupa spa ke jatimakmur dulu

    BalasHapus
  6. wah impian jadi kenyataan, dari urusan Henna bisa ke Dubai dan ketemu berbagai org Asing, jadi langsung lancar bahasa Inggris ya mbak, hehe.. oiya salam kenal ya :-)

    BalasHapus
  7. Ih kerennnn banget...Dubai salah satu negara yang pengen aku datangin bareng anak-anak dan suami.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^