Senin, 19 September 2016

Cara Memperbaiki HP yang Terendam Air

Beberapa hari lalu, hapeku nyebur terbawa arus sungai. Alhamdulillah masih rezeki ditemukan oleh muridku yang lagi menyusuri sungai. Tapi, hapeku basah kuyup, mesinnya basah, dan nggak bisa dihidupkan alias mati total.

Aku mencoba tenang, dengan berharap foto-foto di memory eksternal dan internal nggak hilang. Was-was tentunya si tukang selfie kalo moment terindahnya raib gara-gara ceroboh. Aku lepas semua isi hape; baterai, sim card,dan memory eksternal. Aku coba keringkan dengan kain. Kata temenku, kalau dijemur di matahari atau di panggang di atas kompor justru malah bikin meledak. Yaudah,aku nurut aja sama yang berpengalaman, hapenya aku diamkan sampai kering.

Satu hari lewat. Hape secara fisik sudah kering. Tapi pas aku nyalain, layarnya hitam bergaris-garis putih. buru-buru aku lepas lagi dan diamkan lagi. Kata temenku, coba ditimbun di dalam beras selama 1 hari. Karena sifat beras itu menghangatkan dan juga menyerap air. Pantes ya, buah mangga kalau diimbuh di beras juga cepet mateng.

Kubeli lah beras 2 liter. Aku letakkan hape, baterai, dan memory serta sim card ke dalam beras. Beberapa jam aku cek, layarnya tetap hitam. Aku coba lagi timbun di beras 6 jam.

Dan hasilnya? Alhamdulillaaah, semula hapeku nggak bisa nyala, kini nyala. Tapi, belum bisa digunakan seutuhnya. Layarnya masih ada bercak air di dalamnya, loading lemot, dan memory card nggak terbaca. Hiks, sedih pake banget tentunya. Akhirnya aku timbun lagi di dalam beras.

Beberapa jam kemudian aku cek. Alhamdulillaaah... Hapeku sudah bisa digunakan untuk sms dan bersosmed. Memory eksternal dan internal masih utuh data-datanya. Kekurangannya cuma satu, layar hape nggak normal. Ada bekas air di dalemnya. Kata temenku,sih, karena belum benar-benar kering. Nanti kalau dalemnya udah kering juga layar akan normal seperti biasa, Tapi, ini udah 3 hari an, layarnya masih keliatan basah aja. Nggak papa,deh, alhamdulillah banget yang penting udah bisa dipake.

Pelajaran berharga, kalau melewati air, masukkan dulu hape ke dalam plastik. Atau, biar aman, nggak usah dibawa cebur-ceburan. Foto-foto pakai hape temen aja, deh. *eh.


4 komentar :

  1. MAkasi infonya mba dulu ga kepikiran pake beras HP-ku kerendem mizon dunk di tas wkwkk alhasil matot :))

    BalasHapus
  2. waa baru tau, beras ternyata berfungsi bgt. trus hp nya gmn mbak dewi? sudah ilang bekas airnya?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah udah ilang, mbak. Berfungsi seperti sedia kala :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^