Rabu, 20 Juli 2016

Tips Dapet Job dari Ngeblog Ala Mbak Manda



Namanya Mbak Manda. Lengkapnya Amanda Ratih Pratiwi. Doi adalah blogger, writer, and mompreneur dari Bekasi. Mbak Manda terjun di dunia blogger sejak setahun lalu.

Awalnya, Mbak Manda hanya repost info di blognya. Karena doi emang seneng nulis-nulis di blog. Tapi, lama kelamaan bakat nulisnya terasah. Mbak Manda rajin posting info menarik dan pengalaman seru lainnya. Mbak Manda juga pernah
nerbitin buku judulnya "Cara Mudah Membuat Template Blogger"

BUku-buku karya Mbak Manda
Sekarang, Mbak Manda udah sering dapet job dari hasil ngeblog.
Sebagai blogger pemula, aku juga mau tau, dong, apa aja, sih, rahasianya? Kok bisa hobi corat-coret di blog malah dapet job-job berduit?

Saat ini, ngeblog tidak hanya sebagai hobi, tapi bisa juga dijadikan profesi. Dari ngeblog kita punya banyak kenalan, tambah pinter, dan bisa tambah penghasilan juga. Dari event-event blog banyak banget blogger yang meraih keberuntungan materi. Misalnya, undangan makan mewah gratis. Undangan nginep di hotel mewah gratis. Undangan traveling dan kuliner gratis. Hadiah ini itu. Tawaran-tawaran kerjasama yang upahnya bisa mencapai 8 digit bahkan lebih. Iklan-iklan yang sekali klik bisa menambah dollar di kantong. Tapi, semua itu nggak didapatkan dengan mudah. Ada syarat yang harus dilakukan blogger biar bisa dapet job dari ngeblog.

Berikut aku share rahasia jitu ala Mbak Manda, blogger Bekasi yang udah dapet pundi-pundi dari blognya.

Apa aja yang harus dilakukan blogger?

1. Gabung di grup-grup blogger.

Ada banyak grup bertebaran di Facebook. Cari aja keywordnya "blogger" Misalnya, Blogger FLP, Blogger Indonesia, Job Untuk Blogger, dan lain-lain. Nah, dari grup ini akan ada banyak banget info dan event. Ikut event yang ada. Isi daftar hadir. Nama-nama yang terdaftar dan tercatat, biasanya akan dilirik perusahaan untuk diajak kerjasama.

Dari grup Facebook, kadang ada juga yang nawarin kerjaan. Misalnya "Dicari 10 blogger untuk menulis bla bla" Nah, coba aja isi lowongannya.

Mbak Manda sendiri tergabung dalam sebuah agency. Jadi agen ini menjadi salah satu job tetapnya di dunia perblogger-an. Doi yang melamar langsung karena dapet info dari grup blogger yang diikutinya.

2. Rajin nulis. 

Ini nggak kalah penting. Perusahaan pasti akan menilai trafik blog kita. Semakin jarang nulis, semakin jeblok juga trafiknya. Tulislah tulisan yang berbobot. Yang bahasanya renyah. Karena akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca untuk kembali singgah ke blog kita.

3. Rampingkan alexa. 

Alexa itu semacam rank blog. Semakin sering nulis dan banyak pengunjung, semakin ramping alexa-nya. Semakin mudah terindex google dan semakin mudah untuk mendapatkan job.

4. Ganti template yang mobile friendly. 

Biar nggak berat diakses handphone atau PC. Template user friendly bisa didapatkan gratis atau langsung dibuat oleh ahlinya. Template mobile friendly bisa di-cek di sini.

5. Rajin promo blog. 

Share link setiap postingan ke media sosial. Twitter, grup facebook, grup whats app, bbm, dan lain-lain. Lebih bagus lagi jika apa yang di-share sesuai situasi yang sedang trend. Makin sering promo, makin banyak pengunjung, makin bagus trafiknya. Jadi, bu.kan cuma produk yang diiklanin, blog juga perlu. Percuma posting ini itu, tapi nggak di-share. Karena peluang untuk mengajak pembacanya jadi sedikit. Berbeda kalau kita promosi.

6. Rajin blog walking alias BW. 

Keliatannya remeh, tapi BW berpengaruh besar sama blog kita. Akan ada feedback karena kita sering jalan-jalan ke blog orang lain dengan kunjungan balik. Begitu pun kalau kita dikunjungi, jangan lupa untuk kunjungan balik ke blognya.

Itulah rahasia ngeblog Mbak Manda. Sederhana tapi jitu. Katanya, doi dapet bocoran-bocoran tips itu juga dari temen blogger lainnya. Jadi, learning never ending. Kalau mau berhasil, ya gali ilmu dari ahlinya. Termasuk aku, blogger baru yang ngintip bocoran tips jitunya.

Kalau ada yang mau mengenal lebih, bisa kunjungi blognya di sini. Tapi, kalau ada yang naksir, nggak boleh. Udah jadi istrinya Mamang Lukman.
Ibu dari sweet baby bala bala, Naqibe, ini bisa dihubungi di:

Twitter @sejuta_cinta

IG @ndamandae
Fb @Amanda Ratih Pratiwi

Btw, doi temenku di FLP Bekasi, lho. Jadi, selain blogger, Mbak Manda juga penulis yang udah nerbitin banyak buku. Buku terbarunya berjudul "Ting Yes! Aku Bisa Berbisnis"
Cocok buat temen-temen yang mau berbisnis tapi masih ragu takut ini itu.

Nah ini dia Mbak Manda dan keluarga kecilnya
Terakhir, yang paling penting di antara yang terpenting. Jangan jadikan uang alasan pertama ngeblog. Biar aja rezeki dateng sendiri, yang penting, tips rahasia ala Mbak Manda di atas, tetep dijalani. Oke? ^_^

13 komentar :

  1. Thx tipsnya mba pgn bgt siy kyk mba Amanda semoga menular jejak suksesnya ke saya hehehe aamiin

    BalasHapus
  2. Pit kok aku ga punya foto yg diatas itu ya :(
    Makasih ulasannya ya pit :)

    BalasHapus
  3. Salam kenal Mbaa, baru berkunjung ke blognya nih *salim*

    Ini tipsnya asa simpel tapi butuh tekad yang kuat dan konsisten yaa, hihi. Kalau saya posting juga masih suka2 :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. *salim balik* salam kenal juga, Mbak. Hehe iya, sama aku juga, Mbak ^^

      Hapus
  4. weh, asik banget nih tips-tipsnya:)

    BalasHapus
  5. Salam kenal bua mba Manda. Asyik ah mau telaten lagi ikut tips2nya mba Manda. Makasih mba Dewi :)

    BalasHapus
  6. makasih tips2nya ya mbak...nular nular suksesnya :D

    BalasHapus
  7. Wah Fita, aku baca sweet baby bala bala, langsung bayangin bakwan. Iya tipsnya bermanfaat, makin banyak networking, makin banyak rezeki.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^