Sabtu, 21 November 2015

Museum Zoologi

Baru kali ini aku begitu memerhatikan benda-benda dalam museum. Dan rasanya, wow, amazing! Takjub, mengetahui benda tersebut ada puluhan tahun sebelumnya dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran badan manusia. Yak, aku ingin cerita tentang isi Museum Zoologi Kebun Raya Bogor.



Paus Biru
Blue While
Woooow, fosil paus yang dipajang di museum besaaar sekali. Setelah aku baca keterangannya, ternyata hewan ini ditemukan mati terdampar di tepi pantai. Dengan panjang (lupa) dan berat 119 kg. Makanannya plankon kecil. Amazing bukan? Di situ juga ditampilkan foto jadul bagaimana beberapa orang gotong royong menyeret bangkai paus raksasa itu.

Reptil
Aslinya aku geli sama hewan-hewan melata begini. Apalagi ular. Bergidik baru dengernya juga. Tapi, kali ini aku perhatikan betul kulit, bulu, dan keterangannya. Aku jadi tau ternyata ada ular yang berbisa ada juga yang tidak. Aku mencoba mengenali mana saja ular yang harus diwaspadai. Di antara ular berbisa itu adalah ular kobra, ular sendok, ular apa lagi, ya? Aduh, lupa. Tapi, aku ingat-ingat warna dan ukurannya. Nah, racun ular juga mempunyai efek berbeda pada setiap korban. Ada yang membuat jaringan darah beku, ada yang mematikan saraf, ada bisa ular yang menyebabkan kebutaan sementara, bahkan ada juga yang menyebabkan kematian.
Selain ular, hewan reptil lain juga bisa ditemui. Buaya, biawak, dll.


Kerangka Ular

Unggas
Waaah, yang ini juga membuatku takjub. Bagaimana Allah begitu indah menciptakan satu jenis hewan dengan berbagai macam paruh, cakar, bulu yang berbeda. Apalagi ukurannya yang besarnya lebih besar dari tubuh manusia. Atau yang imut-imut. Dari burung yang bermanfaat atau burung perusak. Aneka unggas terpampang di kaca museum dengan indah.
Aneka ikan. Fosil dan jaringan ikan juga ada semua, lho di sini.
Telur Burung Kasuari

Serangga
Wah ini lebih keren lagi. Mulai dari serangga yang beraneka bentuk dan warna, sampai ke kupu-kupu yang sungguh cantik memesona. Pokoknya keren.
Hewan hutan. Hewan ternak. Dan lain-lain.

Ada juga fosil dinasaurus. Kereeen. Aku jadi inget film dinosaurus yang pernah aku tonton. Wow, ternyata hewan besar nan aneh itu emang bener-bener ada di zaman baheula. Aku perhatikan bentuk tulang, gigi, tanduk, dan kakinya. Its amazing, gaes.


Tebak, kerangka hewan apakah ini?
Wah, pokoknya seru banget deh buat yang penasaran sama hewan-hewan. Hewan di Indonesia jumlahnya ada banyaaak. Ribuan lebih. Maaf, aku nggak bisa menyebutkan angkanya. Karena emang aku nggak begitu suka mengingat angka-angka. Yang jelas, aku jadi tau, nama hewan yang belum pernah aku temui, aku tau makanannya, habitatnya, dan apakah ia hewan perusak atau tidak.

Untuk detailnya dateng aja ke sana, ya. Pokoknya keren. Oya, hewan yang ada di museum, adalah hewan asli yang diawetkan dan juga replika yang dipajang di dalam kaca.

Pertumbuhan Embrio
Jadwal Buka Museum Zoologi

Udah, ya. Gitu aja. Aku ngantuk. Selamat berkenalan dengan fauna di sekitar kita.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga bermanfaat.

Salam
V
^____^